Tips Membersihkan LCD (Liquid cristal display)

Tips Membersihkan LCD (Liquid cristal display) - Terkadang kita selalu dibikin aneh dan susah saat memberihkan yang namanya LCD baik televisi, monitor, hingga layar ponsel atau teknologi LCD lainnya, pasti ada trik untuk memberishkan LCD dengan benar seperti apakah itu, disini kami akan memberikan pengarahan yang harus dilakukan dalam membersihkan LCD dengan benar dari awal hingga akhir.

Bahkan terkadang orang bisa salah dalam mengartikan layar LCD sehingga mereka membersihkannya dengan apa saja yang dapat digunakan sehingga nantinya akan timbul bekas atau coretan dalam layar LCD tersebut. LCD disebut juga Liquid cristal display tersusun atas soft film yang mudah tergores, rawan akan noda, dan berembun yang diakibatkan oleh cara perawatan yang salah dan penggunaan kain yang kasar.

Layar LCD cenderung terlihat kotor, debu, noda bahkan sidik jari mudah menempel, orang-orang memberishkannya dengan air dan kertas ya jelas saja keliru beda low dengan kaca, kalau kaca menggunakan kertas dan air pasti bisa bersih, lain halnya dengan LCD.

Kalau layar LCD dibersihkan dengan air maka akan meninggalkan sisa-sisa bahan kimia seperti klorit yang akan menempel pada layar sedangkan kertas atau handuk dapat menyebabkan LCD lecet sehingga LCD akan buram dan akan menyebabkan dead pixel.

Berikut Tips Membersihkan LCD dengan Benar :

1. Pertama pastikan LCD dalam keadaan mati, lalu perhatikan kondisi layar LCD anda. Perhatikan bagian-bagian yang memiliki noda.

2. Gunakan kain mikrofiber untuk membersihkan layar dari noda.

3. Membersihkan LCD dengan campuran air dan alkohol menggunakan T-shirt kapas atau saputangan memang bisa. Namun lebih baik jika anda menggunakan larutan pembersih. Meskipun mahal, tapi larutan pembersih yang bagus menjanjikan hasil yang bagus pula.

4. Jangan pernah menggunakan spray atau larutan pembersih langsung ke layar.

5. Seka LCD dengan gerakan memutar, dan jangan lupa, kehati-hatian sangat diperlukan. Tidak perlu memberikan tekanan untuk membersihkan layar. Slow saja.

6. Selesai membersihkan, biarkan LCD sampai benar-benar kering sebelum digunakan.

7. Untuk noda yang membandel, seperti noda tinta, anda dapat mengulang beberapa kali langkah-langkah di atas. Atau anda juga dapat membeli pembersih khusus yang dapat membersihkan noda-noda berat.

Harap diperhatikan langkah-langkah diatas karena akan dapat bertahan lama bahkan hingga lebih dari 60 ribu jam. Semoga tips membersihkan LCD diatas dapat membantu Anda dalam melakkan pembersihan LCD setiap harinya atau di waktu luang.

0 komentar:

Posting Komentar